Rabu, Mei 22, 2024
BerandaKepulauan RiauLiterasi Anambas: Paman Gong Ajak Anak-Anak Cinta Buku di Hari Anak Nasional

Literasi Anambas: Paman Gong Ajak Anak-Anak Cinta Buku di Hari Anak Nasional

samuderakepri.co.id, Anambas – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau serta Perpustakaan Nasional RI mengadakan kegiatan literasi bertema “Membangun Literasi Dibatas Negeri”. Kegiatan ini menghadirkan Heri Hendrayana Haris atau Paman Gol A Gong, seorang penulis dan Duta Baca Indonesia yang terkenal dengan cerita-cerita inspiratifnya.

Kegiatan literasi ini berlangsung di Aula Siantan Nur Tarempa pada Senin, 31 Juli 2023. Acara ini dihadiri oleh Bupati Kepulauan Anambas, Aggota DPRD KKA, Sekretaris Daerah, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepri, Bunda Literasi Kabupaten Kepulauan Anambas, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, GOW, PPAUD, KPPAD, Dokter Spesialis Anak, serta para guru.

Apa itu Literasi?

Literasi adalah kemampuan atau kualitas melek aksara dimana didalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis, dan mengenali serta menmahami ide-ide secara visual. Literasi sangat penting bagi perkembangan anak-anak, karena dapat meningkatkan kreativitas, kecerdasan sosial, intelektual, serta wawasan mereka.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Rusmanda Azmurani, S.Sos menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan melestarikan budaya baca di lingkungan generasi muda dan membangun literasi dibatas negeri.

“Kami ingin anak-anak di Anambas memiliki minat baca yang tinggi dan dapat mengakses informasi yang bermanfaat melalui buku-buku yang tersedia di perpustakaan. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk mendukung gerakan literasi ini dengan memberikan contoh dan fasilitas yang baik bagi anak-anak”, ujarnya.

Paman Gong: Duta Baca Indonesia yang Menginspirasi

Salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca anak-anak adalah dengan memberikan mereka motivasi dan inspirasi. Hal ini dilakukan oleh Paman Gol A Gong, yang dikenal sebagai salah satu penulis dan Duta Baca Indonesia yang aktif mengkampanyekan pentingnya literasi.

Paman Gong memiliki cara yang unik dan menarik dalam berinteraksi dengan anak-anak. Ia sering bercerita dengan menggunakan bahasa yang sederhana, lucu, dan mengandung pesan moral. Ia juga membawa “celemek ajaib” yang berisi berbagai hadiah untuk anak-anak yang berani tampil dan berpartisipasi dalam acara.

Paman Gong mengatakan bahwa ia ingin mengajak anak-anak untuk mencintai buku dan membaca, karena buku adalah jendela dunia yang dapat membuka wawasan dan pengetahuan mereka.

“Buku adalah teman terbaik kita. Dengan membaca buku, kita bisa belajar banyak hal, seperti sejarah, budaya, ilmu pengetahuan, seni, dan lain-lain. Buku juga bisa menghibur kita, membuat kita tertawa, menangis, atau terharu. Buku juga bisa memberikan kita inspirasi dan motivasi untuk menjadi orang yang lebih baik”, kata Paman Gong.

Anak-Anak Anambas Antusias Ikuti Kegiatan Literasi

Kegiatan literasi ini mendapat sambutan yang antusias dari anak-anak Anambas. Mereka tampak senang dan bersemangat mengikuti acara ini. Mereka juga aktif bertanya, menjawab, dan berdiskusi dengan Paman Gong.

Salah satu peserta kegiatan literasi, Rizki (10 tahun), mengaku senang bisa bertemu dengan Paman Gong. Ia mengatakan bahwa ia suka membaca buku cerita dan ingin menjadi penulis seperti Paman Gong.

“Saya senang sekali bisa ikut acara ini. Saya suka dengar cerita-cerita dari Paman Gong. Saya juga dapat hadiah dari celemek ajaibnya. Saya suka membaca buku cerita, terutama tentang petualangan dan fantasi. Saya ingin menjadi penulis seperti Paman Gong, supaya bisa membuat banyak orang senang dengan cerita saya”, ucap Rizki.

Bupati Kepulauan Anambas, H. Abdul Haris, S.H.,M.H mengapresiasi kegiatan literasi ini. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia generasi muda di Anambas.

“Kami sangat mendukung kegiatan literasi ini, karena kami yakin bahwa literasi adalah kunci untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berkualitas. Kami berharap agar anak-anak di Anambas dapat terus meningkatkan minat baca mereka dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang ada di daerah kami. Kami juga berterima kasih kepada Paman Gong yang telah bersedia datang ke Anambas dan memberikan inspirasi kepada anak-anak kami”, tutur Bupati.

Kegiatan literasi ini ditutup dengan penyerahan buku-buku dari Perpustakaan Nasional RI kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan literasi di daerah tersebut.

“Salam Literasi, Literasi Untuk Kesejahteraan”
(***)

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -spot_img

Most Popular