Mahasiswa UMRAH Asal Anambas Lolos Jadi Duta Maritim Indonesia 2023

0
49

samuderakepri.co.id, Anambas – Wahyu Hidayat. R, seorang mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) TanjungPinang, Provinsi Kepulauan Riau, berhasil menjadi salah satu perwakilan Kabupaten Kepulauan Anambas dalam kegiatan Sekolah Duta Maritim Indonesia (SDMI) angkatan ke-3 tahun 2023. Wahyu adalah putra asli Anambas yang berasal dari Desa Putik.

SDMI adalah program yang diselenggarakan oleh ASPEKSINDO (Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia) untuk mencetak generasi muda yang peduli dan berkontribusi terhadap sektor kemaritiman, pelestarian dan pemberdayaan kawasan pesisir dan kepulauan. Program ini diikuti oleh 100 putra-putri terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia yang terpilih dari 651 pendaftar melalui seleksi administrasi, wawancara, dan konten video bertema kemaritiman. Wahyu mengambil tema Pelelangan Ikan dalam video kontennya.

Kegiatan SDMI berlangsung pada tanggal 11 hingga 17 Agustus 2023 di Jakarta Pusat. Selama kegiatan tersebut, para peserta mendapatkan materi dan pelatihan dari berbagai pihak, seperti menteri Kelautan Dan Perikanan RI, Kemenparekraf, Kemenkomarves RI, Kemenpora, Kementerian koperasi dan UKM RI, Mako Lantamal III, dan lain-lain. Para peserta juga berkesempatan menghadiri upacara 17 Agustus di istana negara.

Wahyu mengungkapkan rasa bangganya bisa menjadi bagian dari SDMI dan berharap bisa menjadi teladan bagi pemuda-pemudi Anambas dalam mengembangkan potensi kemaritiman daerahnya. “Saya ingin menunjukkan bahwa Anambas memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan dan dikembangkan di bidang kemaritiman. Saya juga ingin belajar dari pengalaman dan ilmu yang didapat dari SDMI untuk memberikan manfaat bagi masyarakat Anambas,” kata Wahyu.(rls)

Tinggalkan Balasan