Pesawat Musuh Serang Lanal Tarempa, Gudang Logca Terbakar dan Satu Prajurit Terluka

0
115

samuderakepri.co.id, Anambas – Lanal Tarempa yang terletak di Pulau Siantan, Kepulauan Anambas di Laut Natuna Utara, merupakan Pangkalan TNI Angkatan Laut yang berada di garis depan pertahanan NKRI. Lanal Tarempa menjadi sasaran utama musuh dari laut dan udara jika terjadi konflik antar negara. Tarempa, 23/01/2024.

Pada hari Selasa tanggal 23 Januari 2024, Lanal Tarempa mendapat serangan udara dari Pesawat musuh yang tidak diketahui asal negaranya. Pesawat musuh tersebut terbang rendah di atas Pulau Siantan, tempat Lanal Tarempa berlokasi. Hal ini membuat seluruh Prajurit Lanal Tarempa siaga untuk melakukan pertahanan pangkalan dari ancaman serangan udara.

Satkom Lanal Tarempa berhubungan dengan Lanudal Matak dan Skuadron 212 Lanud Supadio untuk mengetahui identitas Pesawat tersebut. Ternyata Pesawat tersebut adalah Lasa-X, pesawat musuh yang bertujuan menyerang Pangkalan Militer di Kepulauan Indonesia yang terluar dan terdepan.

Menyikapi hal ini, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana, S.E., M.Tr. Opsla memerintahkan Perwira Operasi untuk menyiapkan seluruh Prajurit dan melaksanakan Peran Tempur Bahaya Umum dan Peran Tempur Bahaya Udara. Pertahanan pangkalan dilakukan sebaik mungkin hingga bantuan dari unsur tempur udara (Pesud) TNI AU dan unsur tempur laut (KRI) TNI AL datang ke wilayah Kepulauan Anambas.

“Kita harus yakin dan percaya bahwa kita bisa mempertahankan pangkalan menunggu bantuan tempur dari kawan Lanud Supadio, Lanudal Tanjung pinang dan Koarmada I atau Lantamal IV, meskipun kita tidak mungkin melawan serangan udara oleh pesawat musuh yang tiba-tiba datang” kata Danlanal Tarempa.

Pesawat Lasa-X tidak menembakkan peluru, namun karena mengganggu kedaulatan NKRI akhirnya pesawat musuh diserang oleh Pesud TNI AU dari Lanud Supadio. Serangan pengusiran pesawat musuh dengan tembakan dibalas oleh pesawat musuh dengan menembakkan peluru ke Mako Lanal Tarempa yang menyebabkan terbakarnya Gudang Logca Lanal Tarempa. Berkat keunggulan pesawat TNI AU, musuh dapat diusir dan keluar dari wilayah udara Kepulauan Anambas. Tarempa, 23/01/2024.

Akibat serangan udara tersebut yang mengakibatkan terbakarnya Gudang Logca Lanal Tarempa, Danlanal Tarempa memerintahkan Perwira Operasi untuk melaksanakan Peran Penanggulangan Bahaya Kebakaran. Kemudian Prajurit berusaha keras untuk memadamkan kebakaran Gudang Logca dengan menggunakan Tim Damkar dan berjuang dengan gigih hingga ada 1 personel yang terluka, akhirnya kebakaran di Gudang Logca dapat dipadamkan dan situasi pasca peran tempur bahaya udara dan peran penanggulangan bahaya kebakaran selesai.

Kejadian tersebut diatas merupakan Narasi dan Simulasi yang digunakan dalam Latihan Peran Tempur Bahaya Umum, Peran Tempur Bahaya Udara dan Peran Penanggulangan Bahaya Kebakaran dalam Uji Terampil Gladi Tugas Tempur P1 P2 serta L1 L2 oleh Tim Uji Kolat Koarmada I di Mako Lanal Tarempa Jl. Hangtuah, Kelurahan Tarempa, Kec. Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas. Selasa, 23/01/2024.

Setelah pelaksanaan rangkaian Latihan, Komandan Lanal Tarempa menyampaikan “Kegiatan Latihan Pertahanan Pangkalan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran sangat penting dikuasai oleh seorang Prajurit TNI khususnya TNI Angkatan Laut Lanal Tarempa. Kemampuan perorangan dan kemampuan kelompok harus diasah dan ditingkatkan agar naluri tempur tetap terjaga dan jika sewaktu-waktu Negara membutuhkan, kita sudah siap. Sebagai Prajurit kita harus siap ditugaskan dimana saja dan dalam kondisi apa saja baik dalam kondisi damai maupun dalam kondisi perang” Ucap Danlanal Tarempa.

Dengan sangat bangga ketika Tim Uji Terampil menyampaikan bahwa pelaksanaan Uji Terampil Glagaspur P1 P2 dan L1 L2 berjalan sangat baik, Danlanal Tarempa mengapresiasi kepada seluruh Prajuritnya yang telah menunjukan pelaksanaan Uji Terampil dengan penuh semangat dan berjalan dengan aman, lancar serta zero acident. (***)

Tinggalkan Balasan