Rabu, Mei 22, 2024
BerandaKepulauan RiauPrestasi TP2DD Kepri di Rakornas P2DD 2023

Prestasi TP2DD Kepri di Rakornas P2DD 2023

samuderakepri.co.id, Nasional – Provinsi Kepulauan Riau berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu TP2DD Terbaik Tingkat Provinsi se-wilayah Sumatera. Penghargaan ini diberikan dalam acara Rakornas P2DD Tahun 2023 yang digelar oleh Kemenko Perekonomian di Jakarta, Selasa (3/10).

Sekda Provinsi Kepri Adi Prihantara yang menerima penghargaan tersebut mewakili Gubernur Ansar Ahmad. Selain itu, ada juga penghargaan Program Unggulan Terbaik untuk Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Indonesia yang dibagi berdasarkan wilayah. Wilayah tersebut meliputi Sumatera, Jawa-Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusampua (Nusa Tenggara, Maluku dan Papua), dan Bank RKUD terbaik.

Rakornas P2DD diikuti oleh Menko Perekonomian RI Airlangga Hartanto selaku Ketua Satgas P2DD, Menkeu RI Sri Mulyani, Gubernur BI Perry Warjiyo, dan seluruh Gubernur, Walikota dan Bupati se-Indonesia. Tema yang diusung dalam Rakornas P2DD Tahun 2023 adalah “Sinergi Nasional Akselerasi Digitalisasi Daerah untuk Indonesia Maju”.

Menko Perekonomian RI Airlangga Hartanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari Rakornas ini adalah untuk menyelaraskan kebijakan kementerian dan lembaga dengan pemerintah daerah, terkait layanan digital yang telah ditetapkan.

“Kebijakan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dalam hal P2DD ini, wajib diimplementasikan oleh Pemerintah Daerah, semua ini untuk kemajuan Negara Indonesia,” katanya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada daerah-daerah yang telah memperluas P2DD di wilayahnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada daerah-daerah yang telah memperluas P2DD di wilayahnya. Mari kita terus bekerja sama dengan semua pihak untuk menyediakan layanan pajak dan retribusi daerah secara digital,” imbuhnya.

Rakornas P2DD diharapkan dapat menjadi dorongan penting dalam upaya mempercepat digitalisasi daerah di seluruh Indonesia khususnya daerah kepulauan yang memiliki tantangan khusus, dengan kerjasama aktif antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan semua pihak terkait.

Di sisi lain, Sekda Provinsi Kepri Adi Prihantara mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan perhatian besar kepada daerah, termasuk Provinsi Kepri.

“Seperti yang kita ketahui bersama Provinsi Kepri adalah provinsi kepulauan sehingga tantangan dan kebutuhan proses digitalisasi sangat penting dalam upaya meningkatkan Kerja di lingkungan provinsi Kepri terhadap semua OPD” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa TP2DD tingkat Provinsi Kepri bertanggung jawab untuk memastikan pelaksanaan program dan kegiatan di wilayah provinsi Kepri sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

“Termasuk ETPD yang mencakup penyiapan kebutuhan infrastruktur digital dan SDM digital sebagai pengelolanya” pungkas Adi. (***)

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -spot_img

Most Popular