Rahasia Sukses Wabup Anambas dalam Mewujudkan Kerukunan dan Kedamaian Antar Agama

0
44

samuderakepri.co.id, Anambas – Kelurahan Tarempa di Kabupaten Kepulauan Anambas resmi menjadi Kampung Moderasi Beragama (KMB) yang dibina oleh Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama setempat. Launching KMB dilakukan pada Rabu, 26 Juli 2023 di Gedung BPMS Tarempa dengan dihadiri oleh berbagai tokoh dan pejabat daerah, termasuk Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra.

Wan Zuhendra memotong pita sebagai tanda peresmian KMB bersama dengan para pimpinan FKPD, Instansi Vertikal dan tamu undangan lainnya. Ia mengapresiasi Kelurahan Tarempa yang telah memenuhi kriteria dan ciri khas sebagai simbol kerukunan umat beragama di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam sambutannya, Wan Zuhendra menekankan pentingnya moderasi beragama dalam mengelola situasi keagamaan di Indonesia yang sangat beragam. Ia mengajak masyarakat untuk menghargai keragaman tafsir, tidak terjebak pada ekstremisme, intoleransi dan tindak kekerasan, serta menjunjung toleransi dalam menjalankan kehidupan keagamaan.

Ia juga berharap Kelurahan Tarempa dapat menjadi contoh bagi kampung lain yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas maupun di seluruh Indonesia tentang indahnya rasa persatuan dalam berbagai perbedaan.

Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas, H.Adam Nur,S.Ag juga menyampaikan bahwa pembentukan KMB bertujuan untuk menyatukan berbagai perbedaan terutama dalam hal agama atau kepercayaan dan membentuk paradigma masyarakat tentang kesadaran moderasi beragama. Ia berharap KMB dapat menjadi role model bagi wilayah lain di Indonesia. (***)

Tinggalkan Balasan