Webinar Pemantapan Koordinasi Tim Terpadu Pengawasan Ormas di Anambas

0
49

 samuderakepri.co.id, Anambas – Webinar Pemantapan Koordinasi Tim Terpadu Pengawasan Ormas di Anambas Dua pejabat Kabupaten Kepulauan Anambas mengikuti webinar tentang pengawasan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri. Webinar ini bertujuan untuk menjaga stabilitas sosial politik, keamanan ketentraman dan ketertiban umum di daerah.

Andi Agrial, S.Pd, staf ahli bidang sosial, kesejahteraan dan pengembangan sumber daya manusia, dan Akmaruzzaman, S.Ag., M.PD, asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, hadir sebagai peserta webinar yang berlangsung pada Selasa, 1 Agustus 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang MC lantai II kantor bupati.

Webinar ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, yaitu Drs. H. Muhammad Hudori, M.Si., direktur politik dalam negeri dan otonomi daerah, dan Drs. H. Ahmad Zainal Mutaqin, M.Si., direktur organisasi kemasyarakatan.

Dalam webinar ini, para peserta mendapatkan penjelasan tentang peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang ormas, termasuk Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Selain itu, juga dibahas tentang mekanisme pengawasan ormas yang melibatkan tim terpadu yang terdiri dari pemerintah daerah, kepolisian, kejaksaan, dan badan intelijen.

Webinar ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan sinergi antara tim terpadu pengawasan ormas di tingkat kabupaten/kota dengan pemerintah pusat. Hal ini penting untuk mencegah dan menangani berbagai permasalahan yang berkaitan dengan ormas, seperti radikalisme, intoleransi, separatisme, dan tindakan yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.(***)

Tinggalkan Balasan